Connect With Us

LIKE THIS

Instructions

Total Tayangan Halaman

Recomended

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 03 Agustus 2013

pengertian sudut camber,fungsi serta pengaruhnya terhadap pengemudian

pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai apa itu sudut camber,kegunaan sudut canber itu sediri dan juga bagaimana pengaruhnya terhadap pengemudian.???

ASudut Camber
           Dalam teknik otomotif sudut camber sering diartikan sebagai sudut yang terbentuk oleh kemiringan roda bagian atas terhadap garis vertikal,apabila dilihat dari depan atau belakang kendaraan.
            Sudut camber terdiri dari 3 macan:
1.Sudut camber positif adalah apabila roda miring ke arah luar terhadap garis vertikal (90 derajad).
2.Sudut camber negatif adalah apabila roda miring ke arah dalam terhadap garis vertikal.
3.Sudut camber nol adalah apabila garis tengah roda berimpit dengan garis vertikal. 








B.Fungsi Sudut Camber
           Sudut camber mempunyai fungsi,diantaranya adalah:
1.Mencegah keausan ban pada bagian dalam maupun luar.
2.Memberikan beban yang lebih pada bantalan bagian dalam atau luar.
3.Membantu mengarahkan kendaraan dengan menempatkan berat kendaraan pada pangkal spindle.
 
C.pengaruh camber positif,negati dan nol terhadao pengemudian
1.Pengaruh camber positif terhadap pengemudian
Camber positif bertujuan untuk menginbangi bagian bawah roda yang tertarik ke arah luar,apabila kendaraan mulai dibebani dan berjalan.Ini berarti,pada waktu roda berjalan akan tertarik ke arah dalam.Dan berat (gaya)kendaraan yang dipikul oleh spindle,akan tertumpu pada kedudukan yang benar.Dengan catatan sudut camber sesuai spesifikasi.Sehingga kendaraan akan tetap lurus ke depan,mencegah roda slip ke samping,dan bersama-sama saling membantu dengan sudut king pin,meringankan kemudi serta mencegah roda-roda  agar tidak lepas.
2.Pengaruh camber negatif terhadap pengemudian.
Pada kendaraan dengan penggerak roda di depan(front engine-front mheel),sudut camber di buat negatif.Hal ini dilakuhkan untuk mengatasi kekurangan apabila diberi sudut camber positif.Karena dengah sudut camber positif,ketika membelok ada kecenderungan kendaraan miring.
3.Pengaruh camber nol terhadap pengemudian
Apabila sudut camber di buat nol,maka pada waktu kendaraan mulai dibebani dan berjalan,roda bagian bawah akan semakin tertarik ke luar.Ini mengakibatkan,terjadi perpindahan tumpuan berat kendaraan yang semula beban tepat di spindle menjadi ke bagian luar spindle.Dengan demikian,pengemudian menjadi berat,membuat roda slip dan mengakibatkan roda aus pada bagian luar ban.











3 komentar:

  1. jadi, camber yang bagus untuk semua tipe mobil (FF, FR & AWD) itu yang mana gan?

    BalasHapus
  2. Melakukan camber atau memiringkan posisi roda pasti ada epek nya seperti ban kemakan sebelah dan perlahan tapi pasti. Mampir juga mas di blog ku http://bloggodor.blogspot.co.id/2017/10/4-cara-nyeperin-mobil-sedan-agar-tampil.html

    BalasHapus
  3. Prmisi kawan...jika mohil dlm keadaan sdh chamber utk mengakkan lg kenapa gak bisa di setel ya....ini utk ci
    vic vtis...tqu

    BalasHapus